Apa Nama Bagian-Bagian Gitar Dan Apa Fungsinya?

Lebih jelas pertanyaanya seperi ini:
Sebutkan nama-nama bagian gitar serta fungsinya.

Yoo... jadi gitar adalah salah satu alat musik yang paling banyak digunakan musisi saat ini. Bukan hanya musisi saja akan tetapi alat musik yang digunakan kebanyakan orang untuk pemandu suaranya. Hal ini terjadi karena gitar sangat gampang digunakan dan juga mudah dibawa kemana-mana.
Jadi tidak jarang kita jumpai penyanyi-penyanyi yang hanya mengandalkan gitar namun sudah seperti penyanyi profesional yang diiringi musik sempurna. Pengamen juga hampir hanya menggunakan gitar saja untuk menunjukkan skill nya, dicocokkan dengan suara gitar dan suara hingga menarik perhatian banyak orang dan memberikan Sedikit imbalan untuk usaha yang dilakukan.

Nah anda bagaimana?
Apakah sudah bisa main gitar?
Mungkin ya atau masik belajar. Bagi yang masih belajar bisa membaca artikel kami: Tutorial Belajar bermain Gitar bagi pemula.
Sekarang topik pembahasan kita adalah bukan tentang pandai atau belum mahir dalam bermain gitar. Akan tetapi disini kita akan membahas yaitu nama-nama bagian gitar dan fungsi bagian-bagian gitar  akustik. Ok langsung saja di cek:

1. Kepala (Headstock)

Kepala (Headstock)  gitar
Kepala (Headstock)  gitar
Nah kayak manusia juga bos ada kepalanya hehehehe
Bagian gitar yang pertama adalah Kepala (Headstock).
 Kepala gitar akustik terdapat di bagian gitar paling atas. Kepala gitar ini didesain dari bahan baku kayu yang pada bagianya terdapat Tunner dan Nut. Kalau kita perhatikan, maka dibagian kepla ini sering di tulis merek gitar.

2. Tuner

Tuner Gitar
Tuner Gitar
Tuner gitar ini tentunya fungsinya adalah untuk menyetem gitar agar nadanya seimbang. Biasanya bentuk tuner ini bulat terbuat dari besi dan diberi tempat pemutaran sehingga gitar tetap tidak berubah. Kalau bagian tuner gitar rusak maka hancurlah sudah suara gitarnya dan tidak bisa dipakai. Jadi jangan sampai rusak bagian tuner ini agar gitar anda tetap bisa di stem tiap saat atau tiap kali ada perubahan suara nya yang menunjukkan fals.

3. Nut

Nut Gitar
Nut Gitar
Nut adalah salah satu bagian terpenting pada gitar.
Nut ini adalah perangkat yang mengatur string gitar agar jaraknya beraturan. Jika nut ini tidak ada, maka dipastikan gitar anda seperti rusak, karena jarak antara string yang satu dengan yang lain tidak beraturan lagi, Jadi nut inilah yang bekerja akan hal itu sehingga anda yang punya gitar harus tetap memperharikan ini jangan sampai rusak.

4. Fret

Pret gitar
Fret gitar
Coba kamu hitung gitarmu, Umumnya pada gitar akustik fret berjumlah 19 buah. Fungsi fret tidak lain adalah untuk menentukan nada pada senar. Jika Fret tidak ada bisa-bisa nadanya tidak karuan lagi.

5. Leher (Neck)

Leher (Neck) Gitar
Leher (Neck) Gitar
Leher gitar adalah bagian yang sangat penting karena bagian inilah tangan kiri kita memegangnya serta mencet kunci-kunci yang anda butuhkan. Jika Leher gitar tidak bagus, maka jangan anda beli ya.
6. Fingerboard/Fretboard
Fingerboard/Fretboard gitar
Fingerboard/Fretboard gitar
Bagian berikutnya adalah Fingerboard.
Fungsinya pun sangatlah penting dimana fungsinya adalah bagian dimana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Finger board terdapat pada bagian depan dari leher gitar (Neck).

7. Penghubung

Penghubung Gitar
Penghubung Gitar
Seperti yang ditunjukkan dalam gambar, maka penghubung ini adalah sebuah  kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara leher (neck) dengan badan gitar (body). Jadi Penghubung ini sangat penting dalam bagian gitar, Jika tidak gitar akan loyo dan berserakan karena tidak ada penghubung.

8. Badan (Body)

Badan (Body) gitar
Badan (Body) gitar
Pernahkan anda mendengar, bodynya kayak gitar spanyol?
Atau apakah pacar anda atau anda sendiri bodynya kayak gitar spanyol?
Ya... dalam bagian gitar ini dia seperti yang di tunjukkan gambar diatas. Body gitar memiliki bentuk yang beranekaragam yang biasanya menunjukkan ciri khas pembuat atau pendesain gitar. jadi kalau membeli gitar, pilihlah body gitar sesuai yang anda mau.

9. Senar (string)

Senar (string) gitar
Senar (string) gitar
Senar gitar inilah yang sering bikin kesal para pemain gitar, Bayangkan saja, pas asik-asiknya nyanyi tiba-tiba senarnya putus kan ribet jadinya. Jadi kalau stem gitar jangan terlalu ketat di stem senarnya ya, guna menghindari putusnya senarnya.
Ohya..   dalam gitar jumlah senar ada 6 buah, dan masing - masing senar juga memiliki nada yang berbeda-beda yaitu E, A, D, G, B, E' (Standard Tuning), jika salah satu senar gitar anda putus, segeralah ganti agar suaranya tidak jelek.

10. Lubang suara

Lubang suara gitar
Lubang suara gitar
Lubang suara adalah sebuah lubang dalam gitar yang berbentuk bulat dan terapat pada bagian tengah gitar.  Jadi munculnya suara gitar ketika anda jreng-jteng adalah berasal dari senar gitar yang muncul dari lubang ini.

11.Saddle

Saddle
Saddle
Saddle gitar hampir sama dengan nut gitar, yaitu sebagai pengatur jarak senar gitar agar tidak berantakan.

12. Bridge

Bridge gitar
Bridge gitar
dibawah saddle ada yang namanya bridge. Nah fungsi dari Bridge ini tidak lain adalah untuk mengaitkan senar gitar pada body gitar.

13. Soundboard

Soundboard
Soundboard gitar
Soundboard bentuknya seperti kotak bulat adalah untuk resonansi suara pada gitar.

Jadi setelah kita menjawab pertanyaanya, ternyata ada 13 jenis bagian-bagian pada gitar. diatas telah admin tuliskan serta apa fungsinya. Sekarang anda sudah tahu tantang bagian2 gitar ini.

Jika ada masukan atau jika anda menemukan tulisan admin terdapat kekurangan atau kelebihan mohon dikoreksi dan diberikan tanggapanya pada kolom komentar yang telah disediakan. Terimakasih telah membaca Apa Nama Bagian-Bagian Gitar Dan Apa Fungsinya?.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Nama Bagian-Bagian Gitar Dan Apa Fungsinya? "

Post a Comment